Senin, 23 November 2015

Keseimbangan Baru

Sebelumnya, saya juga tidak pernah tahu bahwa kaleng minuman bisa digunakan untuk bermain-main. tetapi setelah membaca sebuah buku tentang sains, dapatlah ide untuk memainkannya.
Caranya sederhana saja. Ikuti ya.

  1. Beli minuman kaleng, kecuali kamu punya toko sendiri  :D Tetapi pastikan dia layak diminum.
  2. Cobalah membuatnya berdiri miring seperti pada gambar. Berhasil?
  3. Sekarang buka minuman dan minum sampai tersisa sekitar sepertiga bagian.
  4. Sekarang coba kembali membuatnya bisa berdiri miring seperti pada gambar. Gambar di atas adalah hasil usaha putri saya yang masih kelas 1 SD.
Bagaimana kaleng penuh tidak bisa berdiri sedangkan kaleng yang isinya tinggal sebagian malah bisa?
Ternyata hal ini berhubungan dengan titik berat benda. 
Kaleng yang masih penuh titik beratnya berada di tengah, sehingga ketika diusahakan berdiri miring, ia tidak akan bisa.
Setelah sebagian isinya diminum, dalam kaleng ada tempat untuk menyeimbangkan permukaan air saat kaleng dimiringkan, sehingga titik berat benda berpindah dan kaleng dapat berdiri miring. 

Apa yang dilakukan putri saya hari ini memberi saya pelajaran baru. Bahwa kondisi sekitar dan hidup kita mungkin selalu berubah. Dinamis. Kita tidak bisa menghentikan perubahan-perubahan itu. Yang bisa dilakukan adalah mencari keseimbangan-keseimbangan baru. 

Jika penjelasan saya ada kekurangan, afwan. Mungkin ada teman-teman yang lebih mengerti, kita share yuks. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar