Senin, 23 Juli 2012

I LIKE MONDAY

Alhamdulillah, hari Senin 23 Juli datang.
Kelihatannya memang aneh kalau menyukai hari Senin. Umumnya manusia 'kan masih merasa sedang liburan di hari Senin. Tapi bagi saya, hari Senin kali ini istimewa.
Di hari Senin ini saya akan kembali berkarya bersama murid-murid saya di Tim Mading SMP Tamansiswa Batu. Sebenarnya saya tidak pernah punya basic pendidikan apapun untuk berhak menjadi pembimbing sebuah mading. Saya malah punya sertifikat Pembina Pramuka. Tapi saya realistis saja. Anak-anak ini tidak bisa dimasuki dengan wadah Pramuka. Karakter mereka kebanyakan kurang sabaran, kurang percaya diri tetapi menginginkan sesuatu karya yang langsung kelihatan. Pramuka tidak bisa begitu. Hasil latihan tidak selalu bisa langsung dilihat berupa benda. Sehingga saya gunakan pendekatan berbeda, yaitu melalui majalah dinding. Dengan format majalah dinding dan hand out bernama AISHITERU, mereka bisa melihat langsung hasil kerjanya. Sementara dalam prosesnya, saya bisa memasukkan unsur-unsur kepramukaan. misalnya rela menolong, beribadah tepat waktu, cinta alam dengan menjaga kebersihan, kerja sama, tabah terus bekerja keras karena sudah dekat deadline, dan masih banyak lagi.
Membimbing mereka sampai mereka tersenyum puas melihat Mading dan AISHITERU hasil karyanya, itulah pengabdian saya. Itulah proses pembinaan yang bisa saya lakukan saat ini. Semoga anak-anak ini bisa belajar banyak hal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar