Kamis, 12 Juli 2012

Sebuah Perjalanan

Sejak kecil saya suka berhayal. Kemudian saya suka tuliskan hayalan-hayalan saya itu dalam sebuah buku harian. Biasanya berupa buku 100 lembar bersampul tebal. Terbiasa menulis hayalan-hayalan saya, berkembang menjadi tulisan-tulisan berwujud cerpen dan kemudian mengarah ke novel. Saya lalui saja proses ini. Masalah yang kemudian muncul adalah bagaimana mempublikasikan karya-karya saya tersebut.
Butuh waktu hampir 11 tahun untuk benar-benar nekad mengirimkan naskah saya.
Pertama kali saya mengirimkan sebuah cerpen dan dimuat di tabloid Genderang milik Kwarda Jawa Timur. Setelah itu saya vakum untuk berkonsentrasi mengurus keluarga selama hampir 3 tahun. Dalam rentang waktu itu saya tetap berproses kreatif dan menyelesaikan draft kasar Galang the Scout.
Tahun 2009, saya mendapat selebaran Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan dari Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional. Karena waktu sangat mepet, saya kirimkan saja naskah Galang The Scout. Saya tidak memikirkan lagi nasib naskah itu. Tahun 2011, tiba-tiba saya menerima surat dari Puskurbuk, bahwa saya terpilih menjadi penerima Bantuan Sosial untuk menyempurnakan Galang The Scout. Lumayan, 2 jt plus  :)
Bantuan ini benar-benar saya terima dan sesuai proposal saya gunakan untuk keperluan penerbitan naskah, pembuatan ilustrasi dan cover. Juga segala proses finishing yang lain.
Alhamdulillah, hari ini buku tersebut telah dishare di internet. semoga bermanfaat bagi banyak pihak.
jayalah Pramuka !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar