Sabtu, 18 Juni 2016

SE 2016, Sesi 2

Profesi utama saya adalah ibu rumah tangga, yang mengurus keluarga kecil kami yang terdiri atas seorang ayah, seorang ibu dan dua putri. Di luar itu, saya berkesempatan berbagi ilmu sebagai guru tidak tetap di SMP Tamansiswa Batu dan di SMK Negeri 3 Batu. Walau di SMP sedang off agar memiliki lebih banyak waktu untuk pengembangan diri. Di masa off itu saya mendapatkan kesempatan menjadi PCL SE 2016.
Seperti saya ceritakan sebelumnya, kami lolos tes tulis dan wawancara, dan kemudian masuk ke masa pelatihan. Tidak panjang, Cuma 4 hari efektif, dengan fasilitas inap di hotel. Maksudnya agar kami bisa fokus dan materi terserap maksimal. Rencana kemarin mau langsung ke penerjunan, tetapi nampaknya tentang pelatihan juga perlu saya ulas ya. Jadi itu dulu deh.

Sepanjang masa pelatihan, saya banyak berkenalan dengan teman-teman baru. Berbagi pengetahuan, karena ternyata sebagian dari kami sudah pernah mengikuti sensus yang diadakan BPS sebelumnya. Setidaknya, dengan menggali pengalaman teman-teman tersebut, saya jadi tahu harus bagaimana nantinya menjalankan tugas. Mereka yang pernah ikut saja banyak bingung dengan SOP dan peraturan SE 2016. Apalagi kami yang belum pernah terlibat. But it’s oke. Karena pelatihan diakhiri dengan semacam try out. Kami diterjunkan ke lapangan, untuk melakukan praktik dan langsung dievaluasi oleh instruktur. Dengan cara ini, jadi punya gambaran nyata kelak bagaimana kami akan bekerja. Bahkan sudah langsung ketahuan juga teman-teman yang sudah benar-benar dhong dan yang mungkin kelak akan mengalami banyak hal seru. :D


Nah, ketika terjun beneran, bagaimana rasanya? Apakah prediksi selama try out itu menjadi nyata? Tulisan berikutnya, ya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar